Penyakit Amandel

Ciri-ciri Amandel – Penyakit amandel adalah jenis penyakit yang bisa menyerang orang dewasa dan juga anak-anak. Sedia payung sebelum hujan, sebelum amandel Anda bertambah meradang dan bengkak, ada baiknya mengetahui ciri-ciri amandel. Semua orang mempunyai amandel, istilah kedokterannya yaitu tonsil. Amandel terletak di dalam mulut, menempel pada kedua sisi rongga mulut di bagian dalam, bentuknya seperti daging kecil menonjol. Tempat amandel bisa dilihat mata telanjang. Tonsilitis merupakan amandel yang meradang, akan membuat sakit tenggorokan pada seseorang. Penyebab dari serangan tonsilitis yaitu bakteri dan virus. Namun, sebagian besar penyakit tonsilitis bisa disembuhkan tanpa harus menggunakan obat antibiotik. Untuk anak, amandel sering menyerang anak-anak dengan rentang usia 5 hingga 15 tahun. Amandel atau tonsilitis dibedakan menjadi 2 yaitu tonsilitis akut dan tonsilitis kronis, pembagian berdasarkan lama infeksi amandel di seseorang.
ciri-ciri amandel

Berikut Ciri-Ciri Amandel

Menjadi lesu tak bersemangat
Setiap bangun pagi, menjadi tak bergairah dan ingin malas-malasan. Tak bersemangat bekerja dan juga menjadi sulit konsentrasi, ini akan mengakibatkan prestasi kerja menjadi buruk.
Sakit pada leher
Leher menjadi sakit jika ditekan. Pada leher bagian atas, bawah rahang, sakit saat ditekan. Selain itu leher juga terasa ada yang mengganjal dan terasa kering. Sakit pada saat menelan makanan, minuman dan bahkan menelan ludah.
Tanda pada kepala
Kepala menjadi sakit dan sulit konsentrasi serta pusing. Ada perasaan nyeri yang menjalar di sekitar telinga dan leher.
Tanda pada badan
Badan terasa menggigil seperti masuk angin, nyeri otot dan lemas serta demam.
Amandel juga seringkali timbul gejala seperti pilek, pusing, bau mulut, suara serak, nyeri perut, mual dan yang terlihat pembesaran pada kelenjar getah bening atau kelenjar limfe daerah leher. Untuk penderita amandel yang sudah kronis, biasanya saat tidur akan mendengkur, karena terjadi pembesaran kelenjar adenoid yaitu kelenjar di dinding belakang antara rongga hidung dan tenggorokan. Sekian artikel mengenai ciri-ciri amandel, semoga bermanfaat.

0 komentar: